Alasan Pentingnya Konsultan Pembangkit Listrik dalam Membangun Sistem Kelistrikan Hotel

Hotel merupakan salah satu jenis gedung yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar. Kompleksitas bangunan dan distribusi listrik di hotel membuat pembangunan sistem kelistrikannya memerlukan bantuan konsultan seperti konsultan pembangkit listrik Sewatama.


Selain itu, terdapat 3 alasan lagi yang menandakan pentingnya keterlibatan konsultan dalam membangun sistem kelistrikan suatu hotel. Berikut adalah ulasannya.

1. Aliran Listrik Berasal dari 2 Sumber
Pasokan listrik yang mengalir di suatu hotel berasal dari 2 sumber, yaitu PLN dan genset. Meskipun listrik PLN merupakan sumber listrik utama, namun bukan berarti keberadaan genset tidak memerlukan perhatian khusus. Keduanya perlu dikolaborasikan agar saat pasokan listrik PLN bermasalah, genset bisa mengambil alih saat itu juga.

Perpaduan 2 sumber listrik ini harus menjadi sistem yang andal dan efektif, bukan justru menambah beban biaya. Karena itu, konsultan merupakan pihak yang tepat untuk memberikan saran-saran mengenai instalasi yang paling efisien.

2. Besarnya Kebutuhan Listrik Bergantung pada Kapasitas Bangunan
Khusus untuk listrik PLN, sebuah hotel bisa menggunakan tegangan rendah atau tegangan menengah. Ini tergantung seberapa besar kapasitas bangunan serta keperluan listriknya. Penentuan besaran tegangan ini tentu saja akan berpengaruh terhadap jalur-jalur distribusi listrik dalam bangunan serta biayanya.

Konsultan pembangkit listrik seperti sewatama.com memahami hal ini dan mampu memperkirakan beban yang mungkin muncul. Dengan kata lain, konsekuensi dari pilihan dalam masalah kelistrikan ini bisa diantisipasi dengan diskusi bersama konsultan.

3. Instalasi Listrik Tidak Dapat Dipisahkan dari Proses Pembangunan
Dalam proses pembangunan, instalasi listrik adalah salah satu langkah penting. Beberapa komponen listrik biasanya dipasang menempel dengan tembok untuk membuatnya tampak mulus. Komponen yang lebih besar pun ditempatkan pada bagian lain secara permanen.

Karena itu, perlu adanya sinkronisasi antara desain bangunan dengan sistem kelistrikan. Ini juga bertujuan agar besarnya daya dapat didistribusikan secara tepat ke seluruh titik yang memerlukan. Dengan prasarana kelistrikan yang bagus, kinerja perhotelan pun dapat lebih dioptimalkan.

Itulah 3 alasan pentingnya konsultan pembangkit listrik dalam membangun sistem kelistrikan hotel. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, konsultan pembangkit listrik Sewatama bisa menjadi pilihan untuk bertukar pikiran. Untuk lebih mudahnya, bisa diakses melalui sewatama.com untuk konsultasi. Membangun hotel memang rumit, tetapi bersama konsultan segala urusan akan terasa lebih ringan.

Artikel Terkait

Alasan Pentingnya Konsultan Pembangkit Listrik dalam Membangun Sistem Kelistrikan Hotel
4/ 5
Oleh