Peran Broker Asuransi Terhadap Kesehatan Karyawan di Tengah Pandemi Covid-19

Wabah Covid-19 di seluruh dunia telah memberikan dampak signifikan bagi perekonomian bagi banyak negara. Tak terkecuali para pelaku bisnis yang harus memutar otak agar bisnis yang dijalankan dapat bertahan dalam masa pandemi dengan kondisi yang tidak pasti kapan hal ini bisa berakhir. Salah satu fondasi kuat agar bisnis tetap bertahan adalah dengan memiliki karyawan yang tetap dapat bekerja secara produktif dalam situasi pandemi.


Dampak lain dari pendemi ini adalah telah membuat banyak orang untuk beradaptasi dengan “new normal” mulai dengan bekerja dari rumah, tanggung jawab untuk keluarga, membantu anak SFH (school from home), ketakutan dan pembatasan peraturan (PSBB).  Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan, tidak hanya fisik namun juga mental.

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan. Untuk itu, penting bagi perusahaan agar meninjau kembali program asuransi  kesehatan yang ada, apakah harus diberikan manfaat kesehatan tambahan sesuai dengan situasi pandemi, dan juga perlu dipikirkan bagaimana solusi dan layanan untuk mendukung kesehatan mental atau wellbeing karyawan agar tetap dapat menjalani pekerjaan sekaligus tanggung jawab untuk keluarga. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi keadaan psikologis karyawan.

Solusi dan layanan manfaat program kesehatan dalam situasi pandemi tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Mulai dari tambahan manfaat asuransi kesehatan untuk pandemi dari program asuransi yang sudah dimiliki oleh karyawan, tambahan program wellness  seperti cara mengelola stres, kegiatan olahraga online, hingga Employee Assistant Progam (EAP). Perusahaan dapat bekerjasama dengan broker asuransi untuk dapat mendapatkan konsultasi atas hal-hal tersebut.

Peran broker asuransi dalam program manfaat asuransi kesehatan karyawan adalah:
  • membantu perusahaan untuk meninjau program manfaat asuransi kesehatan yang sudah ada
  • membantu mendesain program manfaat asuransi kesehatan bagi karywan
  • memberikan solusi dan informasi layanan seperti tambahan manfaat asuransi kesehatan  saat pandemi, layanan asisten karyawan, dsb. . 
  • membantu dalam memberikan konsultasi bagi perusahaan jika terjadi klaim.

Salah satu broker asuransi terkemuka yang dapat memberikan layanan dalam merancang dan memberikan solusi program manfaat asuransi kesehatan adalah Marsh Indonesia.

Marsh memiliki tim yang telah berpengalaman dalam membantu ribuan perusahaan, dan juga memberikan konsultasi, solusi dan layanan ketika pandemi. Manfaat lain bekerjasama dengan Marsh Indonesia adalah dapat membantu perusahaan untuk mengelola risiko bisnis, mengidentifikasi risiko dan memberikan solusi untuk meminimalisir risiko, serta memberikan konsultasi jika terjadi klaim.

Source:
https://www.cermati.com/artikel/mengenal-broker-asuransi-seperti-apa-peran-dan-tanggung-jawabnya

Artikel Terkait

Peran Broker Asuransi Terhadap Kesehatan Karyawan di Tengah Pandemi Covid-19
4/ 5
Oleh