IDN Media Telah Meluncurkan Platform Menulis IDN Times Community

Dari sekian banyak media digital yang ada di Indonesia, salah satunya adalah IDN Media. Dengan bacannya yang ringan karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, ditulis dengan bahasa Indonesia yang terkadang disisipkan bahasa gaul yang tidak rumit, singkat, padat, dan jelas. Selain itu, tulisan tersebut juga dilengkapi dengan foto serta gambar sehingga menjadi lebih menarik. Walaupun foto yang yang ditampilkan kebanyakan diperagakan oleh model luar negeri, namun juga ada juga foto-foto yang menampilkan model lokal. Foto yang disajikan pun beresolusi tinggi sehingga gambar sangat jelas dan tidak ngeblur.


IDN Media yang merupakan media digital dan aplikasi berita terbaik yang diprakarsai oleh 2 bersaudara Winston Utomo dan Willam Utomo ini, sangat familiar di kalangan generasi millenial dan Gen Z. Dalam media digital ini, konten-konten yang disajikan pun tidak selalu membahas kabar politik, namun kebanyakan konten hiburan seperti tips dalam menjalin suatu hubungan, tips berbusana, teknologi, karir, kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya yang konten-konten tersebut sangat disukai oleh kaum millenial saat ini. 

Pada tanggal 7 Februari 2017 yang lalu, startup media di balik website IDNTimes serta Popbela yang bernama IDN Media telah meluncurkan sebuah platform menulis yang bernama IDN Times Community. Dimana, dengan platform tersebut anda bisa mengirimkan tulisan kepada mereka dan berhak mendapatkan insentif berupa uang cash sebagai imbalan.

Yang namanya menulis itu erat kaitannya dengan notebook atau PC yang sering diklaim sebagai perangkat paling ideal untuk menuangkan ide dan pikiran dalam sebuah tulisan. Namun sekarang era PC atau notebook tidak seperti dulu lagi dan digantikan dengan era smartphone. Jadi, bagi meraka yang senang menulis kini harus membeli PC atau notebook, padahal mereka lebih memilih smartphone daripada mengakusisi dua perangkat tersebut.

Nah, sebagai solusinya perusahaan IDN Media mencoba mensiasati hal tersebut dengan menghadirkan fitur Community di aplikasi mobile. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memberikan keleluasaan menulis lewat fitur seperti post dan editing langsung lewat smartphone. Pada dasarnya IDN Media sendiri dibangun dari sebuah komunitas penulis yang kerapkali menyumbang tulisan mereka untuk dipublikasikan, bukan hanya berita reguler yang ditulis oleh jurnalis profesional.

“Banyak millenial di Indonesia punya passion menulis, namun tidak memiliki komputer atau laptop. Sekarang lewat aplikasi mereka bisa menulis langsung dari smartphone mereka. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 37 ribu penulis terdaftar dalam IDN Times Community,” ujar CEO dan Editor on Chief IDN Media Winston Utomo.

Winston juga berharap fitur tersebut bisa merangsang generasi millenial menulis karena setiap tulisan yang berhasil masuk akan mendapatkan imbalan berupa uang. Tentunya hal ini diharapkan bisa membantu perekonomian tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah-daerah. Dalam aplikasi tersebut selain posting dan submit artikel, ada juga fitur untuk mengecek status artikel, pemeringkatan penulis, sampai melakukan redeem points, dan sudah dapat di download di Google Play.

Sementara untuk perhitungan imbalan, IDN Media akan memperhitungkan jumlah view yang diperoleh dari tulisan anda. Dimana, setiap seratus view, anda akan mendapatkan satu poin. Anda baru bisa menukarkan poin tersebut setelah mengumpulkan minimal lima ratus poin yang senilai dengan uang tunai Rp 50.000. Itu artinya, dari setiap view yang anda dapatkan, anda bisa mendapat imbalan sekitar Rp1

Nah, untuk menjaga kualitas konten yang dikirimkan kepada mereka, IDN Times Community sejauh ini masih mengandalkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim mereka. Hal ini diharapkan dapat bisa mencegah munculnya artikel palsu, plagiat, ujaran kebencian, hingga promosi terselubung. Bahkan kedepannya, mereka berniat mengembangkan sistem penyaringan yang lebih efesien dan cepat dengan memanfaatkan teknologi machine learning.

Artikel Terkait

IDN Media Telah Meluncurkan Platform Menulis IDN Times Community
4/ 5
Oleh