Mengatasi Pilek Pada Bayi dengan Aman

Bayi yang aktif mereka akan sering bergerak, seperti halnya merangkak untuk menyentuh berbagai macam benda yang ada disekitar. Tidak jarang selain menyentuh benda asing mereka bahkan juga memakannya. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab si kecil mudah terkena penyakit, salah satunya yakni pilek. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan tubuh atau imunnya belum begitu kuat. Selain itu ketika musim hujan tiba atau cuaca kurang baik, maka bayi sering terkena pilek. Kondisi tersebut disebabkan karena membran di dalam hidung bayi akan mengering ketika udara dingin. Menyebabkan virus dengan mudah berkembangbiak di area tersebut.


Namun, biasanya terdapat orangtua yang paniknya berlebih ketika mengetahui bayinya mengalami pilek.  Mereka akan segera membawanya untuk memperoleh Obat Pilek Resep Dokter yang khusus untuk bayi. Akan tetapi, sebagian dari orang tua juga akan mengatasi pilek pada bayi dengan hal-hal yang tidak berbahan kimia. Orang tua akan berusaha mendapatkan Obat Flu Untuk Bayi dengan bahan-bahan alami. Karena pada umumnya pilek pada bayi disebabkan oleh virus yang dibawa orang dewasa disekitarnya yang juga mengalami sakit. Apalagi bayi yang berusia 0-4 bulan memiliki risiko lebih tinggi terkena pilek.

Bagi orangtua sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika mengetahui bayinya terkena pilek, yaitu:

1. Menghangatkan tubuh bayi
Memberikan kenyamanan dan kehangatan pada tubuh bayi dapat melegakan pernafasan dengan memandikan air hangat dan sedikit memberikan sinar matahari. Hindari ruangan yang memiliki suhu dingin, seperti ruangan yang ber AC.

2. Memberikan larutan garam
Larutan garam dipercaya dapat mengencerkan ingus pada bayi sehingga memperlancar sumbatan di hidung.

3. Memberikan sedikit pijatan pada hidung
Sedikit pijatan di hidung bayi bagian atas dengan lembut disertai olesan minyak telon, dapat memperlancar nafas.

4. Memberikan penguapan alami
Cara selanjutnya dengan memberikan uap air panas yang sebelumnya ditetesi ddengan minyak telon dapat melegakan hidung tersumbat.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan ketika bayi mengalami pilek. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengatasi Pilek Pada Bayi dengan Aman
4/ 5
Oleh