4 Manfaat Bakteri Lactobacillus untuk Kesehatan si Kecil

Tidak semua bakteri itu jahat! Di dalam tubuh, ada juga bakteri baik yang berguna menjaga kesehatan, salah satunya adalah bakteri Lactobacillus. Ada banyak manfaat bakteri Lactobacillus terlebih untuk menjaga kesehatan si kecil yang memiliki ketahanan tubuh yang lebih rentan dibanding orang dewasa. Nah, apa saja manfaat dari bakteri baik satu ini?


1. Mencegah Konstipasi dan Diare
Salah satu manfaat dari bakteri Lactobacillus ini adalah mampu mencegah gangguan pencernaan seperti konstipasi dan diare. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik Lactobacillus Reuteri akan membantu mengurangi risiko penyakit diare dan konstipasi hingga angka 30% pada kategori anak.

Selain itu, jenis bakteri baik yang satu ini ternyata juga mampu mencegah terjadinya infeksi diare yang bisa mengakibatkan rotavirus atau innfeksi pada usus dan saluran pencernaan si kecil yang menyebabkan akibat fatal. Dengan bantuan bakteri Lactobacillus ini, si kecil bisa terbebas dari penyakit pencernaan dan membuat si kecil jadi lebih sehat.

2. Bantu Daya Tahan Tubuh
Anda pasti tahu, saluran pencernaan adalah salah satu sistem imun utama yang ada pada tubuh. Organ ini berhubungan langsung dengan banyak senyawa dan mikroorganisme asing yang datang bersamaan dengan masuknya makanan ke dalam tubuh. Nah, manfaat bakteri lactobacillus lainnya adalah bisa membantu tubuh agar lebih tahan terhadap senyawa asing.

Bakteri yang menyebabkan masalah ada tubuh Anda dan si kecil akan dilawan langsung secara optimal di saluran cerna si kecil. Dengan begitu, anak Anda tak akan mudah jatuh sakit. Selain itu, bakteri baik yang sat ini juga ditengarai mampu mencegah terjadinya alergi pada bayi. Salah satu alergi yang dapat dicegah adalah alergi kulit yang sering serang anak.

3. Meningkatkan Kemampuan Usus dalam Menyerap Zat Mutagenik
Hal lain yang merupakan manfaat dari bakteri Lactobacillus ini adalah mampu meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap zat mutagenik atau yang menyebabkan terjadi mutasi pada gen. Dengan adanya penyerapan zat mutagenik ini, si kecil akan terhindar dari bahaya kanker di masa depan. Bagian saluran yang berperan dalam hal ini adalah usus besar.

4. Sebagai Antitumor
Selain itu, bakteri Lactobacillus dalam usus atau dari makanan yang dimakan berguna sebagai zat antitumor. Zat ini sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil dari berbagai senyawa asing dan berbahaya yang menyebabkan tumor. Selain itu, bakteri baik satu ini juga memiliki kandungan zat gizi yang tinggi sehingga bantu tumbuh kembang anak.

Nah, sudah tahu apa saja manfaat bakteri Lactobacillus, kan? Anda bisa beri si kecil makanan dengan kandungan bakteri baik ini untuk dapatkan semua manfaat itu seperti dengan yogurt dan lainnya. Jangan lupa, cukupi kebutuhan gizi anak yang lain. Salah satunya dengan beri susu Dancow yang mengandung nutrisi lengkap untuk tumbuh kembang si kecil.

Artikel Terkait

4 Manfaat Bakteri Lactobacillus untuk Kesehatan si Kecil
4/ 5
Oleh