4 Cara Membersihkan Kotoran pada Mata Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir sering kali tidak dapat membuka matanya karena terhalang kotoran yang terdapat pada kelopak mata bayi. Apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka dapat menggangu indra pengelihatan sang bayi. Berikut adalah cara tepat membersihkan kotoran pada mata bayi baru lahir.

membersihkan kotoran mata bayi

1. Mencuci Mata Bayi
Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan kotoran pada mata bayi adalah dengan mencuci matanya. Penggunaan air hangat untuk bayi selain untuk memperlancar sirkulasi darah juga dapat mengurangi insomnia pada bayi. Air hangat juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran atau bayi yang  menganggu indra pengelihatannya.

Cara penggunaan air hangat untuk membersihkan kotoran pada bayi baru lahir cenderung mudah. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat secukupnya serta kain yang berbahan lembut. Basahi kain tersebut dengan air hangat kemudian Anda hanya perlu membersihkan kotoran pada mata bayi dengan hati-hati.

2. Memijat Saluran Air Mata
Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan saluran air mata. Kebanyakan kotoran yang terdapat pada mata bayi timbul karena saluran air mata yang tidak lancar. Saluran air mata sendiri terdapat pada ujung mata bagian dalam.

Apabila Anda menemukan benjolan di sekitar area mata, maka pijatlah dengan lembut ke arah hidung. Pijatan ini berfungsi untuk melancarkan dan mengeluarkan sisa kotoran yang menyebabkan saluran air mata menjadi tersumbat. Dengan mata yang bersihakan menurunkan risiko terserang berbagai macam penyakit pada sang buah hati.

3. Menggunakan ASI
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan ASI. Ternyata ASI juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran mata pada bayi. Selain sebagai sumber nutrisi bagi sang buah hati, ASI juga kaya akan antibiotic alami yang dapat menjaga kesehatan bayi.

Cara membersihkan kotoran mata pada bayi dengan menggunakan ASI cukup mudah. Caranya, Anda hanya perlu mengambil beberapa tetes ASI dengan ujung jari yang bersih kemudian bersihkan mata bayi yang kotor. Ternyata ASI yang diberikan pada bayi memiliki jutaan sel darah putih setiap tetesnya yang dapat menjaga bayi agar tak mudah mengalami iritasi dan alergi.

4. Dokter Mata
Apabila cara - cara di atas tidak mampu untuk membersihkan kotoran bayi dalam jangka waktu yang lama, dan mata bayi kian lengket bengkak, dan berwarna pekat kehijauan.  Segeralah untuk memeriksakannya ke dokter mata agar dapat ditangani dengan tepat.

Jangan menyepelekan mengenai kotoran yang terdapat pada mata bayi, sebeb kesehatan mata merupakan salah satu hal yang penting. Ada baiknya juga Anda memperhatikan gizi yang diberikan pada sang buah hati agar bayi Anda memiliki mata yang sehat dan prima.

Nah, di atas merupakan beberapa cara membersihkan kotoran pada mata bayi. Yuk, segera cari tips - tips seputar bayi lainnya di orami.co.id sebagai salah satu toko online yang menyediakan berbagai perlengkapan bayi, ibu hamil, dan ibu menyusi. Manfaatkan promo hari kemerdekaan yang diselenggarakan untuk mendapatkan berbagai penawaran yang menarik.

Artikel Terkait

4 Cara Membersihkan Kotoran pada Mata Bayi Baru Lahir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email