5 Trik Hemat Biaya Renovasi Rumah Agar Kantong Tak Menipis

Memiliki rumah yang bagus tentunya menjadi sebuah impian bagi semua orang. Membangun rumah maupun renovasi rumah membutuhkan biaya yang menguras dompet. Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa trik hemat biaya merombak rumah agar tidak membuat kantong Anda menipis.

renovasi rumah

  1. Buat Perencanaan
    Tips hemat biaya yang pertama adalah membuat perencanaan. Dengan mambuat perencaan tentunya anggaran biaya pengeluaran akan lebih tertata dengan baik. Perencanaan biaya anggaran tersebut dapat Anda buat secara detail di dalam RAB atau yang sering dikenal dengan Rencana Anggaran Biaya.
    RAB adalah rincian anggaran banyaknya biaya pengeluaran yang diperlukan selama proses renovasi rumah. Tujuan dibuatnya RAB adalah agar proses renovasi rumah dapat sesuai dengan anggaran biaya yang telah ditentukan. Jadi, bila Anda ingin merenovasi rumah, membuatan anggaran biaya menjadi salah satu panduan utama yang harus Anda buat.
  2. Membuat Skala Prioritas
    Setelah Anda membuat rancangan anggaran biaya, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat skala prioritas untuk membantu Anda menghemat biaya renovasi rumah. Pilihlah barang dan interior yang Anda butuhkan buakan yang Anda ingginkan. Sebab juka Anda membeli baranng yang Anda inginkan justru akan membuat pengeluaran semakin membengkak.
  3. Reuse Bahan yang Masih Bisa Digunakan
    Hal yang harus Anda lakukan adalah memililah-milah barang yang masih bisa digunakan.  Cara yang satu ini tentunya sangat dapat membantu Anda dalam menghemat biaya renovasi. Jadi, lebih baik gunakan kembali bahan dan barang bekas yang masih pantas dan layak digunakan.
  4. Membeli Bahan Bagunan Sendiri
    Untuk mengemat ongkos biaya renovasi rumah, ada baiknya jIka Anda membeli bahan bangunan sendiri. Mengapa harus demikian? Sebab jika Anda membeli bahan bangunan sendiri Anda dapat melakukan survey harga dan kualitas bahan bangunan yang akan Anda beli. Dengan survey tentunya Anda dapat membandingkan harga dan kualitas barang dengan toko bangunan lainnya.
  5. Pintar Dalam Memilih Pemborong dan Jasa Tukang Bangunan
    Sebenarnya jasa bangun rumah seperti apa yang dapat membantu Anda dalam merenovasi  sebuah bangunan rumah? Di berbagai kota bahkan pedesaan saat membangun ataupun merombak lagi rumah menggunakan jasa bangun rumah sudah menjadi hal yang wajar. Sebab jasa bangun rumah atau perusahaan kontraktur sudah terjamin keahliannya.

Jadi, jika Anda ingin melakukan renovasi dengan jasa bangun rumah sebaiknya cari dengan teliti. Pilihlah kontraktur terpercaya yang sudah terjamin keahlianya. Anda jangan mudah tergoda untuk menggunakan jasa bangun rumah dengan harga mudah yang namun tidak terjamin keahliannya.

Nah, itu merupakan beberapa trik hemat biaya renovasi agar tak menguras dompet. Apakah Anda ingin mengubah rumah menjadi megah dan kece? Yuk, ikuti tips hemat merenovasi dari Sajesa agar menghemat biaya renovasi Anda. Jangan lupa untuk membuat perencanaan yang matang sebelum renovasi rumah agar mendapat hasil yang maksimal.

Artikel Terkait

5 Trik Hemat Biaya Renovasi Rumah Agar Kantong Tak Menipis
4/ 5
Oleh