Tes Alergi Anak Dengan Skin Prick Test, Amankah ?

Skin Prick Test atau yang lebih dikenal dengan tes tusuk kulit adalah salah satu tes yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah seseorang mengidap penyakit alergi terhadap beberapa alergen (pencetus alergi) sekaligus seperti jamur, tungau, serbuk sari, bulu hewan, atau makanan tertentu. Tes ini sangat penting dilakukan, karena dengan melakukan tes semacam ini Anda bisa mencegah dan menjauhkan diri dari alergen yang mengancam kesehatan. Tes alergi anak menggunakan cara tes tusuk kulit ini dapat dilakukan pada usia 3 tahun, anak yang akan dites tusuk kulit harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang minum obat yang mengandung anti alergi selama 3-7 hari.

Tes tusuk kulit ini mungkin terdengar menyeramkan, Anda mungkin membayangkan kulit anak Anda akan ditusuk dengan jarum. Ya, bayangan Anda memang benar, sebenarnya kulit anak Anda memang akan ditusuk. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Tes alergi anak ini dilakukan dengan menggunakan jarum khusus, dengan begitu anak tidak akan merasa sakit atau mengeluarkan darah. Akan tetapi hanya dokter di bidang alergi-imunologi saja yang dapat melakukan tes alergi tusuk kulit ini.

tes_alergi_anak

Tes alergi anak ini dilakukan di kulit lengan bawah, sebelum tes dilakukan, tim medis akan membersihkan terlebih dahulu bagian lengan bawah atau punggung tangan menggunakan alcohol agar lebih steril. Kemudian kulit akan ditusuk menggunakan jarum kecil steril yang mengandung ekstrak alergen atau penyebab alergi, tusukan ini dilakukan sedemikian dangkal sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit maupun pendarahan. Setelah dilakukan penusukan pada kulit, hasil dari tes ini dapat dilihat dalam waktu 15-20 menit, hasil tes ditandai dengan adanya pembengkakkan ataupun rasa gatal pada daerah yang ditusuk dengan jarum tadi. Jika hal itu terjadi, maka anak Anda positif mengalami alergi terhadap ekstrak alergen tersebut. Namun, apabila anak Anda tidak mengalami gejala tersebut, maka anak Anda negative alergi dengan zat alergen tersebut.

Mengenai aman atau tidaknya tes alergi anak menggunakan tes tusuk ini, telah diuji dan dibuktikan bahwa tes tusuk ini adalah tes alergi yang paling umum dilakukan. Selain karena itu tes ini juga merupakan tes yang paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mendeteksi alergi dengan hasil yang akurat dan waktu yang cepat. Tes ini merupakan tes yang relatif sangat aman, cepat, dan sederhana.

Namun, dalam tes alergi anak yang menggunakan tes tusuk ini terdapat kemungkinan, anak yang melakukan tes ini merasa kurang nyaman selama tes berlangsung. Disebabkan karena allergen yang diuji pada kulit anak akan bereaksi, apabila positif menderita alergi maka gejala yang telah disebutkan seperti pembengkakkan dan rasa gatal tadi akan dialami oleh anak.

Beberapa kemungkinan lain mengenai dilakukannya tes tusuk kulit terhadap anak ini yaitu reaksi alergi yang berkisar antara ringan hingga cukup serius, seperti pembengkakkan yang parah dan munculnya benjolan merah yang gatal atau bercak-bercak. Selain itu kemungkinan yang lain adalah anak yang menjalani tes tusuk kulit ini beresiko mengalami reaksi alergi yang parah dan mengancam jiwa, meskipun hal ini sangatlah jarang terjadi.

Akan tetapi, apabila tes alergi anak ini dilakukan dengan baik dan benar di rumah sakit atau klinik dan ditangani oleh dokter yang tepat, semua kemungkinan reaksi alergi yang telah disebutkan di atas dapat segera diobati. Selain penanganan yang tepat dan cepat apabila anak positif mengidap alergi dan mengalami reaksi terhadap zat tertentu, dokter di rumah sakit atau klinik juga akan menyarankan anak Anda untuk menghindari zat tersebut, hal ini bermaksud untuk membantu mencegah gejala dan mengurangi resiko komplikasi.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karena itu mengetahui makanan atau zat yang menyebabkan anak Anda alergi merupakan hal yang sangat penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi putra-putri Anda. Hal ini juga merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan penderita alergi. Karena itu, hal yang paling memungkinkan adalah mencegah reaksi alergi dengan menemukan penyebabnya dan menghindarinya.

Apabila tidak dapat dihindari, pengobatan mungkin harus dilakukan dan diberikan kepada penderita alergi dengan maksud dan tujuan untuk mengurangi gejala alergi apabila terlanjur terpapar oleh alergen. Tetapi, hal yang paling penting bagi penderita alergi adalah untuk segera mungkin mengkonsultasikan pernyakit alergi anak Anda kepada dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut, sehingga anak akan mendapatakan penanganan lebih baik dan akurat.

Sebagai orang tua, kesehatan anak Anda adalah yang paling utama, oleh karena itu dengan melakukan serangkaian tes untuk melindungi anak Anda bukanlah suatu hal yang merugikan. Jangan sampai Anda sebagai orang tua terlambat mengetahui dan kekuarangan informasi mengenai gejala dan penanganan alergi terhadap anak. Pastikan anak Anda melakukan tes alergi sekurang-kurangnya sekali seumur hidup, agar Anda sebagai orang tua dapat melindungi kesehatan anak Anda dari bahaya penyebab alergi (alergen).

Artikel Terkait

Tes Alergi Anak Dengan Skin Prick Test, Amankah ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email