INILAH MENGAPA TERJADI PERUT KRAM SAAT MENSTRUASI

Saat haid terjadi umumnya timbul rasa sakit dan tidak nyaman yang timbul akibat kram perut. Sebenarnya kenapa bisa terjadi kram perut saat haid? Berikut beberapa penyebabnya.

Dysmenorrhea atau kram perut saat menstruasi adalah rasa nyeri yang berdenyut di perut bagian bawah. Kram ini banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi.


Rasa nyeri yang datang berbeda-beda bagi setiap orang. Beberapa mungkin tidak terlalu merasakannya sebagai rasa sakit, sebagian hanya merasa terganggu, tetapi tidak sedikit pula yang merasakan sakit yang cukup parah. Nyeri menstruasi yang parah dapat mengganggu aktivitas hingga periode menstruasi berakhir. Selama periode menstruasi, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisan yang menumpuk. Hormon prostaglandin yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim. Tingkat hormon prostaglandin yang lebih tinggi akan menyebabkan rasa sakit yang lebih parah. Rasa sakit saat menstruasi terkadang juga diiringi oleh mual, muntah, sakit kepala, bahkan diare.

Tidak ada alasan yang pasti mengapa rasa sakit yang dialami setiap wanita yang haid berbeda-beda. Ada yang begitu parah namun ada pula yang tidak merasa terganggu. Namun, beberapa penyebab rasa sakit saat haid dilansir dari healthline yaitu:
- Aliran darah yang deras
- Berusia di bawah 20 tahun ·
- Pertama kali menstruasi
- Memiliki kelebihan hormon prostaglandin (hormon yang memengaruhi rahim)

Meskipun rasa sakit dan nyeri saat menstruasi merupakan hal yang normal, perlu dipahami pula bahwa rasa sakit yang berlebihan merupakan tanda dari penyakit yang lain. Penyakit tersebut adalah sebagai berikut dilansir dari Mayo Clinic:
- Endometriosis, yaitu radang terkait dengan hormon estrogen. Hal itu berupa pertumbuhan jaringan endometrium disertai perambatan pembuluh darah hingga menonjol keluar dari rahim.
- Fibroid rahim, yaitu pertumbuhan jaringan non-kanker di dinding rahim.
- Adenomysis, yaitu kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh ke dinding otot rahim.
- Radang panggul, yaitu infeksi pada organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut ditularkan dengan hubungan seksual.
- Stenosis serviks. Pada beberapa wanita, pembukaan serviks yang cukup kecil akan menghambat aliran menstruasi. Hal ini akan membuat tekanan yang menyakitkan di dalam rahim.

Sakitnya kram perut saat haid ini hanya bisa dirasakan oleh kaum perempuan. https://ifreeindonesia.com/laki-laki-apakah-kalian-tahu-bagaimana-rasanya-ketika-kram-haid/ Tentunya sangat tidak nyaman ketika terjadi kram perut ini. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi atau meredakan sakit kram perut ini salah satunya adalah dengan menempelkan pad saat haid datang dengan https://ifreeindonesia.com/

Artikel Terkait

INILAH MENGAPA TERJADI PERUT KRAM SAAT MENSTRUASI
4/ 5
Oleh