Panduan Pemula saat Latihan Kekuatan Otot

Mau meningkatkan kekuatan otot? Bagi pemula yang baru berlatih fitnes, mungkin bisa kebingungan bagaimana cara untuk melakukannya. Karena itu perlu tahu panduan latihan kekuatan otot untuk pemula yang benar.


Yuk simak langkah –langkah berikut ini untuk melakukan latihan kekuatan otot bagi pemula

Pertama, pemanasan.
Mau olahraga apapun, pertama kali harus melakukan pemanasan. Tujuannya adalah untuk melakukan peregangan agar otot tidak kaku. Cara lainnya bisa juga dengan cara jogging santai di tempat olahraga.

Kedua, push up.
Setelah melakukan pemanasan, kita bisa melakukan latihan kekuatan otot dengan memanfaatkan beban tubuh diri sendiri. Kita bisa melakukan push up, maupun squat. Ini cara latihan otot yang paling simple dan bisa dilakukan dimanapun.

Jadi seandainya tidak sempat ke gym, kita pun bisa coba melakukan latihan otot di rumah.

Ketiga, bertahap.
Yang terpenting saat melakukan latihan otot ini, kita harus melakukannya secara bertahap. Kita bisa mulai dari latihan dengan durasi yang pendek misalnya cukup 15 menit. Setelah itu, pada tahapan berikutnya bisa kita tingkatkan durasinya misalnya menjadi 30 menit atau satu jam.

Tips berlatih Kekuatan Otot yang paling penting adalah konsistensinya. Jika kita secara konsisten melakukannya secara rutin, maka bentuk otot yang kita inginkan pun akan terbentuk.

Keempat, merata seluruh tubuh.
Tips latihan otot yang tepat adalah merata pada seluruh bagian tubuh. Jadi  tidak hanya pada salah satu bagian tubuh saja. Kita bisa melakukan gerakan yang menggerakkan seluruh anggota tubuh. Misalnya dengan melakukan gerakan mountain climber, bench row, lunges dan jenis gerakan lainnya.

Kelima,angkat beban.
Paling cepat untuk membentuk otot dengan mengangkat beban. Kita bisa melakukannya di gym dengan mengangkat barbell maupun alat olahraga lainnya yang tersedia.

Selain itu, kombinasikan juga aneka gerakan untuk membentuk otot. Misalnya untuk melatih otot kaki, kita bisa lakukan squat atau lung.

Keenam, didampingi instruktur.
Lebih mudah bagi pemula untuk melatih otot dengan didampingi oleh instruktur fitnes. Sehingga pemula jadi tahu apa yang perlu dilakukan secara tepat dan benar dalam membentuk otot seperti yang diinginkan.

Instruktur fitnes akan member arahan serta porsi latihan yang pas sesuai kebutuhan.

Ketujuh, pendinginan.
Jangan lupa, setiap kali selesai melakukan olahraga untuk memperkuat ototini, kita harus selalu akhiri dengan pendinginan. Fungsinya adalah untuk menyetabilkan kembali system saraf yang sebelumnya sudah diajak “bekerjakeras” dengan berolahraga.

Begitulah cara yang perlu dilakukan pemula jika ingin melakukan latihan otot. Yuk, mari dicoba!

Artikel Terkait

Panduan Pemula saat Latihan Kekuatan Otot
4/ 5
Oleh