Wisata Pulau Papua Wajib Untuk Dikunjungi Indah Banget

Wisata Pulau Papua memang menarik untuk dikunjungi sekali-kali, walaupun jaraknya terbilang cukup jauh. Namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang tersaji di sana. Walaupun masih terbilang belum begitu lama, tapi nyatanya telah banyak para wisatawan yang berkunjung baik turis lokal maupun mancanegara. Para penggemar wisata pastilah telah mengenal obyek wisata bahari yang ada di Pulau Papua sebut saja seperti Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Raja Ampat, Danau Sentani, Danau Paniai, Lembahh Baliem, Pulau Rumberpon Desa Sauwandarek, Pantai Bosnil, Pantai Amai dan spot wisata lain yang terdapat di pulau bagian timur Indonesia ini.

Pulau Papua sendiri juga sering disebut sebagai Papua New Guinea dalam artian Papua Pulau Baru, ada banyak sekali tempat-tempat eksotis yang belum pernah terjamah oleh manusia. Dan tentunya dengan alam yang masih begitu asri dengan penduduk aslinya. Serta banyak sekali para petualang yang telah berkelana di Pulau Papua seperti yang banyak ditayangkan dibeberapa chanel televisi. Pulau Papua memang memiliki daya tarik sendiri dari segi pariwisatanya maupun dari adat budayanya. Di Pulau Papua terdapat banyak sekali kearifan budaya lokal dan masih bertahan hingga sekarang ini. Dengan berjelajah di Pulau Papua tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan yang bisa diceritakan kepada orang lain nantinya.

Wisata Pulau Papua Dengan Para Sahabat

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

taman nasional teluk papua

Taman Nasional Teluk Cenderawasih memang berbeda dengan taman-taman nasional yang lain, karena 90% nya adalah perairan. Maka tak heran jika taman ini telah menjadi konversi laut yang besar serta terluas di Indonesia. Ada sekitar 196 jenis moluska serta 209 jenis ikan yang terdapat di taman ini. Dan terdapat juga fauna lain seperti kura-kura, penyu, hiu maupun lumba-lumba yang biasanya terlihat dibeberapa titik wilayah tertentu.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih sendiri diresmikan oleh Kementrian Kehutanan pada tahun 1993. Pulau Mioswaar merupakan salah satu pulau wisata di Papua, dengan goa yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerangnya yang dapat dikunjungi. Ada juga beberapa pulau lain seperti Pulau Numfor, Pulau Nusrowi, Pulau Yoop serta pulau-pulau lain yang juga indah.

2. Raja Ampat


Siapa yang tak mengenal Raja Ampat, obyek wisata yang paling populer saat ini menjadikan Pulau Papua sebagai salah destinasi liburan yang banyak diminati oleh para penggemar wisata baik dalam negeri maupun luar negeri. Wilayah Raja Ampat sendiri terkenal dengan empat pulau besarnya, yakni Waigo, Salawati, Misool, Batanta serta pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya.

Raja Ampat memiliki air laut yang sangatlah jernih serta biota laut yang beragam, menurut suatu penelitian ada sebanyak 75% spesies laut dunia yang ditemukan di perairan Raja Ampat. Di obyek wisata ini yang paling digemari oleh para pelancong adalah menyelam, karena dengan menyelam tentu pengalaman yang didapat akan lebih menyenangkan jika dibanding dengan hanya melihat pemandangan saja.

3. Danau Sentani

Wisata Pulau Papua Alam Asri
Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan merupakan danau yang paling luas di Pulau Papua. Dengan letak sekitar 50 km dari pusat Kota Jayapura, Danau Sentani memiliki keindahan yang tiada tara. Ada juga sekitar 21 pulau yang turut menghiasi keindahan dari danau ini. Banyak para wisatawan yang melakukan kegiatan seperti memancing maupun menyantap kuliner khas setempat, dan ada juga penyewaan perahu bagi yang ingin mengarungi Danau Sentani.

Obyek wisata di Danau Sentani juga memiliki keunikan berupa deretan rumah panggung dengan jaring ikan yang telah menjadi hal yang wajar untuk dikunjungi. Yang lebih menarik banyak pengunjung atau wisatawan dalam dan luar negeri yakni adanya festival Danau Sentani, yang biasanya diselenggarakan pada pertengan bulan Juni. Dimana adanya pentas pertunjukan seni dan budaya warga setempat.

4. Gunung Jayawijaya


Gunung Jayawijaya merupakan gunung yang paling tinggi diantara gunung-gunung yang ada di Indonesia, bahkan ada sebutan sebagai Himalayanya Indonesia. Selain dikenal sebagai Puncak Jaya, puncak tertinggi ini pun juga dikenal sebagai Carstensz Pyramide. Nama dari penemunya yang berkebangsaan Belanda yakni Jan Cartensz. Gunung Jayawijaya memiliki keunikan tersendiri karena memiliki lapisan salju yang berada tepat di puncaknya walaupun daerah tersebut pada umunya beriklim tropis.

Ada banyak sekali para pendaki yang ini berkunjung ke gunung ini, karena rasa penasaran serta ingin tahu secara nyata dan tentunya ingin menambah pengalaman yang menarik. Namun tentunya ada pemeriksaan dari para petugas setempat agar siap menempuh jalur pendakian yang lumayan berat untuk dirintangi nanti.

5. Lembah Baliem


Lembah Baliem adalah tempat bermukimnya Suku Yuli, Lani, serta Dani dan terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas laut yang membuat suhu lokasi ini bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius pada malam harinya. Biasanya di bulan Agustus akan banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, karena selama 3 hari akan diadakan acara tahunan yakni Festival lembah Baliem.

Dimana festival ini merupakan salah satu cara dari pemerintah agar terhapusnya perang antar antar suku yang sering terjadi. Perang antar suku telah dilarang, dan telah berganti dengan adanya festival ini agar peperangan itu berubah dan mengarah pada hal yang lebih positif dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya, yang tentunya akan menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Demikianlah beberapa tempat atau obyek wisata Pulau Papua keren untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Keindahan dari alam Pulau Papua yang asri akan sangat memoriabel bagi setiap mata yang menikmati kemegahan dari indahnya pemandangan di Pulau Papua. Jangan lupa untuk menyimak artikel menarik yang lain juga.

Artikel Terkait

Wisata Pulau Papua Wajib Untuk Dikunjungi Indah Banget
4/ 5
Oleh