Resep Kue Bolu Kukus Mekar Pelangi Lumer Banget

Resep kue bolu kukus mekar lezat dimulut adalah salah satu dari sekian banyak varian kue dan menjadi salah satu kue khas dari Indonesia yang banyak digemari oleh banyak orang. Cara membuat kue bolu kukus mekar yang terbilang mudah, telah menjadi salah satu kue terfavorit yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Karena itulah banyak yang menjual kue ini seperti yang biasa terlihat di warung-warung terdekat, dan karena rasanya yang manis tentunya juga sangat banyak diminati oleh masyarakat. Ada banyak varian dari kue bolu kukus di antarana ada kue bolu kukus cokelat, kue bolu kukus pelangi lembut, kue bolu kukus sprite, kue bolu kukus sederhana, kue bolu kukus tanpa mixer, kue bolu kukus gula merah dan masih banyak lagi dari varian kue bolu kuku lain.

Membuat kue merupakan hobi yang banyak digemari oleh banyak orang terutama para ibu-ibu maupun anak perempuan yang biasanya lebih suka mencoba resep kue bolu kukus modern. Membuat kue bolu kukus mekar bukan hal yang terlalu sulit untuk dibuat, karena merupakan salah satu kue yang memang mudah untuk dibuat. Kue bolu kukus mekar sangat enak untuk sekedar sebagai cemilan di sore hari ditemani dengan secangkir teh, menikmati suasana dipenghujung hari yang bisa dilakukan sebagai kegiatan harian yang menyenangkan. Setelah bekerja seharian ditempat kerja, dan jika telah pulang ke rumah tentulah ingin beristirahat sejenak agar dapat menghilangkan rasa capek setelah bekerja seharian.

Resep kue bolu kukus mekar juga bisa dimanfaatkan untuk bekal sekolah anak tercinta, agar mereka terhindar dana aman dari jajanan yang tidak menyehatkan yang biasanya dijual diluar lingkungan sekolah. Dalam mebuat kue bolu kukus mekar ini bisa dibilang mudah jika sudah pernah atau sering membuat kue tersebut, namun juika belum pernah membuat kue bolu kukus mekar ada baiknya untuk mengikuti petunjuk berikut ini atau bisa juga dibarengi dengan pembimbing yang telah ahli dalam membuat kue bolu kukus mekar. Kue yang menjadi salah satu kue tradisional yang biasanya juga disajikan dengan warna pelangi karena menggunakan bahan pewarna alami untuk makanan. Dengan campuran berbagai warna seperti cokelat, kuning, merah, hijau dan warna lain agar kue bolu kukus mekar pelangi menjadi semakin menarik.

resep_kue_bolu_kukus

Resep Kue Bolu Kukus Mekar Pelangi Enak

Bahan Kue Bolu Kukus Mekar
  • 2 macam pewarna makanan yang aman, cukup 2 tetes dari masing-masing warna untuk setiap kue.
  • Esens vanili maupun vanili bubuk sebanyak setengah sendok teh saja.
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang.
  • Minuman yang mempunya kandungan soda sebanyak kurang lebih 225 ml, yang digunakan untuk mengembangkan kue nanti.
  • Gula pasir dengan kualitas bagus sebanyak 200 gram atau sesuai dengan selera.
  • Emulsifer yang berguna untuk melembutkan tekstur kue sebanyak kurang lebih 2 sendok teh, bisa juga menggunakan merk TBM, SP atau yang lain.
  • Tepung terigu dengan kualitas bagus dan mempunyai kandungan protein yang rendah sebanyak 275 gram.
  • Kertas roti untuk alas cetakan kuenya.
Tips dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar
  1. Campur tepung terigu dengan bubuk vanili beserta baking powdernya.

  2. Aduk semua bahan tersebut hingga merata.

  3. Sediakan wadah ukuran sedang, kemudian masukkan telur ayam, cake emulsifer serta gula lalu kocok menggunakan mixer hingga teksturnya mengembang dan kelihatan kaku atau sekitar 10 - 12 menit, lalu turunkan kecepatan mixer.

  4. Tuang air soda sedikit demi sedikit dan sambil dimixer hingga air sodanya habis dan adonan tercampur merata lalu matikan mixernya.

  5. Masukkan adonan tepung sedikit demi sedikit juga hingga tercampur rata.

  6. Ulangi sampai tepungnya habis dan pastikan semua bahan telah tercampur merata dan tidak ada gumpalan.

  7. Ambil 2 bagian adonan sedikit untuk dicampur dengan pewarna, lalu aduk sampai tercampur merata warnanya.

  8. Siapkan cetakan kue bolu kukus ke dalam cetakan yang terbuat dari bahan alumunium agar setelah matang kuenya tidak bantet.

  9. Tuang adonan yang berwarna putih dibagian dasar, lalu tuang adonan yang berwarna di atasnya, ulangi hingga semua adonan habis.

  10. Sediakan panci untuk mengukus serta tunggu hingga air di dalam panci mendidih. Kemudian masukkan cetakan kue ke dalam panci kukus lalu tutup menggunakan kain di bagian atasnya agar uap airnya tidak kembali menetes ke kue.

  11. Masak hingga matang serta mengembang sekitar kurang lebih 10 - 12 menit. Untuk memastikan sudah atau belum bisa dilakukan dengan menggunakan lidi maupun tusuk gigi.

  12. Keluarkan dari panci dan siap untuk disajikan.
Demikianlah cara membuat kue dari resep kue bolu kukus mekar pelangi enak untuk dimakan sendiri dengan ditemani secangkir teh maupun dengan para sahabat sejati dan kerabat keluarga tercinta. Silahkan simak juga artikel menarik yang lain.

Artikel Terkait

Resep Kue Bolu Kukus Mekar Pelangi Lumer Banget
4/ 5
Oleh