Kenali Bagian-Bagian Pembentuk Rack Server


Rack server merupakan salah satu aset terpenting dalam pusat data perusahaan manapun. Rack server hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan desain. Di pasaran, harga rack server juga berbeda-beda. Kamu dapat menyesuaikan pembelian rack server dan mempertimbangkan berbagai harga rack server yang tersedia. Misalnya, harga rack server 42u dapat diperkirakan dari harga Rp7 juta hingga Rp10 juta. Harga rack server tersebut dapat mencerminkan kualitas dan ukuran dari rack server itu sendiri. Sekarang, kita akan menjelajah lebih dalam pada komponen-komponen yang membangun rack server. Mempelajari lebih lanjut tentang komponen rack server bermanfaat untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemeliharaan rack server.

Komputer Server
Seperti nama perangkat rack server, atau rak server, komputer server adalah perangkat yang paling banyak menempati rack server. Komputer server hadir dalam beberapa jenis, seperti bentuk yang menyerupai komputer biasa, model blade server yang tipis dan efisien, atau jenis lainnya. Sama seperti rack server, komputer server sendiri juga sama pentingnya karena berfungsi menjalankan berbagai aplikasi, penyimpanan data, serta fungsi penting lainnya untuk perusahaan.
Ada beberapa alasan mengapa komputer server harus diletakkan di dalam rack server, yaitu: 

a. Keamanan: Mengunci komputer server di dalam rack server dapat meminimalisasi risiko pencurian atau kerusakan yang disengaja.
b. Pendinginan: Komputer server yang bekerja terus menerus berpotensi mengalami overheat. Beberapa rack server dirancang untuk memaksimalkan aliran udara, sehingga udara panas pada komputer server dapat berkurang.
c. Pengelolaan lebih mudah: Komputer server yang hanya diletakkan di satu tempat memudahkan dilakukannya pengelolaan. Selain itu, rack server juga memudahkan akses ke bagian depan dan belakang komputer, sehingga memudahkan pekerjaan teknisi yang bekerja di ruang server.

Patch Panel
Perangkat ini merupakan salah satu jenis perangkat komputer tertua yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Patch panel memiliki kumpulan port yang berfungsi sebagai penghubung kabel ke jaringan yang dituju. Kebanyakan orang mengenali patch panel yang memiliki jaringan telepon yang besar (jaringan POTS) dan terhubung ke patch panel. Maka dari itu, patch panel tergolong banyak digunakan oleh perusahaan telekomunikasi. Rata-rata patch panel ditempatkan di rack server berjenis open rack yang menyediakan akses terhadap bagian depan dan belakang perangkat.

Saklar dan Router
Saklar dan router merupakan perangkat jaringan yang banyak ditemukan di pangkalan data. Kedua perangkat ini memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan model.

a. Saklar: Berfungsi menghubungkan data dari satu tempat dan mengarahkannya ke perangkat tertentu. 

b. Router: Berfungsi menghubungkan satu hingga dua jaringan yang berbeda. Biasanya, router terhubung dengan saklar untuk menyediakan komunikasi di antara ratusan, bahkan ribuan perangkat dalam sistem jaringan yang luas.

Komponen Pendukung Lainnya
Kebanyakan rack server memiliki komponen tambahan dengan fungsi tersendiri. Meskipun tidak semua rack server memiliki komponen ini, tetapi komponen pendukung ini dapat ditemukan di kebanyakan rack server:
a. Blank panel: komponen ini biasa terbuat dari plastik atau metal, serta berfungsi untuk mengisi ruang di dalam rack server yang sedang tidak terpakai. Blank panel dapat meningkatkan estetika rack server serta membantu untuk mengatur aliran udara di dalam rack server.
b. Rail kit: komponen ini menempel di sisi server atau perangkat lain, serta berfungsi untuk memudahkan perpindahan perangkat ke dalam rack server. Rail kit juga berfungsi untuk mengamankan perangkat di dalam rack server agar tidak naik turun.
c. Kabel: semua perangkat di dalam rack server membutuhkan beberapa jenis kabel daya, kabel jaringan, dan kabel lainnya. Kabel-kabel ini akan menghubungkan perangkat dengan sumber listrik atau perangkat lainnya.

Demikian komponen-komponen penting yang telah membentuk rack server sebagai sebuah perangkat pelindung untuk server dan perangkat di dalamnya! Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian!

Artikel Terkait

Kenali Bagian-Bagian Pembentuk Rack Server
4/ 5
Oleh