Beragam Masalah yang terjadi pada sistem pencernaan

Ada beragam sistem kerja dalam tubuh manusia yang saling bersinggungan satu sama lain. Salah satunya sistem pencernaan yang berperan penting terhadap kesehatan tubuh kita. Karena, sistem pencernaan berperan terhadap proses penyerapan nutrisi supaya lebih maksimal dan tidak terhambat.


Sayangnya, meskipun tubuh kita sangat bergantung pada sistem pencernaan yang sehat, tak jarang masalah pencernaan hadir dan menghambat proses penyerapan nutrisi. Untuk menyiasatinya, sebetulnya bisa digunakan obat yang baik untuk sistem pencernaan seperti pada link berikut https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-box. Akan tetapi, cara tersebut saja tidak cukup karena kita juga perlu mengetahui beragam masalah yang bisa menyerang sistem pencernaan tubuh. Berikut ini beberapa diantaranya.

GERD
Salah satu masalah sistem pencernaan yang sangat menyiksa dan seringkali dialami oleh banyak orang adalah GERD. GERD atau gastroesphageal reflux disease adalah penyakit refluks asam lambung yang menyerang area lambung kita. Penyakit GERD menyebabkan rasa perih atau sakit yang luar biasa pada area lambung. GERD terjadi ketika asam lambung naik sampai ke kerongkongan kita. Asam lambung bisa naik sampai ke kerongkongan karena cincin otot kerongkongan yang berguna untuk mencegah makanan kembali ke kerongkongan setelah masuk ke lambung melemah. Akibatnya, kerongkongan akan merasakan asam lambung hingga berpotensi mual dan muntah.

Esofagitis
Sistem pencernaan perlu dilindungi karena berkaitan dengan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh kita. Saat sistem pencernaan kita terganggu, maka penyerapan nutrisi akan menjadi tidak optimal hingga berdampak ke anggota tubuh lainnya. Salah satu masalah pencernaan yang perlu diwaspadai adalah esophagitis.

Esofagitis merupakan masalah saluran pencernaan yang menyerang area kerongkongan. Sebagai jalur makanan menuju lambung, kerongkongan punya peran yang sangat besar dalam sistem pencernaan. Ketika mengalami esophagitis, penderita akan merasakan nyeri, sulit menelan serta rasa sakit pada bagian dadanya karena adanya peradangan. Kondisi esophagitis yang tidak ditangani segera bisa membuat kerongkongan jadi semakin parah yakni terdapat penyempitan yang semakin mempersulit masuknya makanan ke lambung.

Memahami masalah pada sistem pencernaan merupakan hal yang bagus untuk menambah pengetahuan kita dalam dunia kesehatan. Tak terkecuali mengetahui pentingnya kebutuhan kalsium ibu hamil yang tergolong rentan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Beragam Masalah yang terjadi pada sistem pencernaan
4/ 5
Oleh