Obat Luka yang Aman Untuk Bayi

Bukan hal yang aneh bila anak mengalami luka di salah satu bagian lukanya baik itu pada bagian tangan ataupun bagian kaki apalagi jika anak sudah mulai aktif. Untuk itu pengawasan orang tua sangatlah penting untuk memperhatikan dan menjaga buah hati anda, bukan berarti anak tidak boleh main namun harus dibatasi mana yang boleh dan mana yang tidak. Saat anak anda terluka hal yang paling penting adalah mengobatinya bagaimana cara agar luka cepat kering sehingga lebih cepat sembuh, sayangnya dalam pemberian obat luka untuk bayi tidaklah bebas begitu saja mengingat kulit bayi yang masih terbilang muda sehingga butuh penanganan khusus.


Berikut ini pertolongan pertama saat bayi anda kena luka.

1. Tetap tenang
Saat anak kena luka sebagai ibu tentunya merasa sangat sedih, namun janganlah panik terlebih dahulu lihat luka tersebut apakah ada jaringan yang rusak sehingga menyebabkan berdarah atau tidak.

2. membersihkan luka
Bersihkan luka dengan menggunakan air bersih bila perlu dengan menggunakan air mineral untuk membersihkan kuman yang menempel pada luka tersebut.

3. tutup luka
Selanjutnya anda bisa menutup luka dengan menggunakan kasa untuk memastikan bahwa pendarahan telah berhenti anda bisa menemukannya dengan perlahan kurang lebih selama 5 menit,setelah itu baru rekatkan dengan menggunakan plester namun jangan terlalu padat agar masih ada udara yang masuk.

4. cek perban
Jika sudah 2 hari anda bisa mengeceknya dengan membuka perban tersebut apakah lukanya sudah kering atau tidak.

Itulah pertolongan pertama saat buah hati anda terluka. Jaga buah hati anda dengan baik dengan selalu memperhatikannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika bayi anda mengalami pilek maka yang paling efektif yaitu dengan memberikannya ASI yang banyak sebab ASI merupakan obat pilek untuk bayi yang aman karena mengandung antibodi yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh selain itu dengan memberikan ASI maka bayi akan mendapatkan nutrisi yang sangat lengkap bagi pertumbuhannya.

Artikel Terkait

Obat Luka yang Aman Untuk Bayi
4/ 5
Oleh